Cara Memperbaiki RAM PC & Laptop

Tahukah anda RAM ?
RAM atau random access memory  adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.(Wikipedia)

Orang awam sering kali menyebut RAM sebagai memori, ya memang RAM ini adalah salah satu memori. Yang salah kadang orang menganggap RAM adalah memori yang di gunakan menyimpan data, padahal bukan itu fungsi RAM, RAM sendiri sebenarnya hanya sebuah penyimpanan yang bersifat sementara. Yang di simpan pun bukanlah data seperti gambar, dokumen kerja kita, tetapi yang di simpan adalah sebuah proses, atau perintah yang kita berikan ke sistem operasi kita. Bisa di bilang RAM ini tugasnya untuk membantu prosesor dalam menjalankan tugasnya. Oleh karena itu semakin besar kapasitas RAM, maka semakin cepat kinerja sebuah komputer.
Karena RAM ini sudah jadi penunjangnya otak komputer, maka bila RAM bermasalah sedikit saja, komputer kita akan bermasalah juga.

Berikut ada beberapa masalah yang di sebabkan RAM yang bermasalah :
1. Komputer menyala tapi tidak ada tampilan di layar
2. Ada bunyi beep ketika komputer di nyalakan dan tidak ada tampilan di layar
3. Komputer restart terus ketika di nyalakan

Lalu bagaimana solusinya ?
Solusinya coba perbaiki RAM anda, dengan membersihkannya.
Caranya siapkan penghapus pensil, angkat RAM anda dari motherboard, lalu coba gosokkan penghapus ke bagian kuning yang ada di bawah RAM seperti gambar di samping.

Setelah semua bagian kuning sudah terkena penghapus, dan proses pembersihan dirasa cukup. Coba pasang kembali RAM.nya ke motherboard. Maka komputer anda akan kembali menyala dengan normal.

Tetapi bila ternyata komputer anda masih belum normal, bisa terjadi karena RAM anda rusak, dan solusinya harus di ganti dengan yang baru, atau anda juga bisa membawa ke tempat servis terdekat untuk coba di periksa oleh ahlinya.

Untuk anda yang berada di Kawasan Kota Batu dan sekitarnya, anda bisa membawa komputer anda ke Visicom Computer Batu yang berada di Jl. Sarimun 03 Beji - Batu. Kami selalu siap memberi pelayan yang cepat dan terbaik.

Visicom Batu
Jl. Sarimun 03 Beji - Batu
Telp. 085101715156, 08123399956, 0341 590096




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »